Senin, 22 November 2010

Tips memilih Daily Tour di Bali


“Wah nanti liburan di Bali saya sewa mobil terus jalan sendiri atau mending ikut tur harian saja ya?”. Pertanyaan diatas selalu terlintas dibenak rekan-rekan yang berencana liburan ke Bali. Tulisan saya berikut diharapkan dapat membantu rekan-rekan menjawab pertanyaan di atas.
Setelah 2 tulisan saya tentang Tips Tiba di Bali di malam hari dan Penginapan murah di Kuta Bali & Tips perjalanan tentang bagaimana caranya meng-explore Pulau Dewata nan indah ini.
Untuk membantu teman-teman, saya menulis beberapa tips dan komentar dalam memilih dan mengikuti tur harian berdasarkan pengalaman pribadi, beberapa brosur dan website.
Ada dua cara untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata ini yaitu dengan datang sendiri rental mobil/motor dengan dikendarai sendiri atau dengan sopir rental atau mengikuti Daily Tour (Tur Harian). Dari ketiga cara di atas disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan anda selama liburan.
Anda seorang muda dan liburan bersama teman-teman mungkinbisa patungan rental mobil dan pergi sendiri ke tempat-tempat wisata tanpa guide.
Anda perempuan dengan teman-teman perempuan dan tidak ada yang bisa mengendarai mobil, anda bisa rental mobil plus sopir/guide yang akan mengantar ke tempat-tempat wisata.
Anda datang sendiri atau seorang ibu dengan anak kecil atau lansia mungkin anda dapat mencoba mengikuti tur harian.
Daily Tour
Daily Tour atau Tur Harian adalah tur mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali dalam satu hari (maksimal 9 jam). Jam 8.30 anda dijemput dari hotel dimana anda menginap misalnya di Kuta. Sebuah mini van akan membawa anda beserta beberapa turis (shared tour) ke beberapa tempat wisata bisa 3-5 tempat per hari tergantung dengan tujuan tur. Bila anda datang secara rombongan (5-6 orang) anda dapat memesan satu mobil sendiri. Atau bila anda ingin berdua saja dengan istri/kekasih ada dapat juga mengikuti private tur dengan biayanya lebih mahal dibandingkan dengan shared tour.
Biasanya petugas tur menyediakan lunch box atau lunch di restorant dan snack selama perjalanan. Tidak lupa juga guide (Speaking English Guide) yang akan menjelaskan semuanya.
Bagaimana memesan tur?
Tur ini diadakan hampir setiap hari. Untuk reservasi tur dapat menelpon ke alamat tur pada akhir tulisan ini. Atau bila anda menginap di Legian Kuta/Poppies Lane dapat datang langsung ke Tourist Information yang terdapat di sepanjang Jalan Pantai Kuta, Jalan Poppies Lane I & II, Jalan Legian atau di Receptionist hotel dimana anda menginap.
Tidak ada salahnya mengunjungi website yang ada untuk memastikan apakah tur dan tempat wisata yang ditujuh sesuai dengan rencana anda. Hal yang harus diperhatikan adalah tarif yang ditawarkan apakah sesuai dan competitif dengan agen tur lainnya.
Keuntungan dan kerugian mengikuti tour harian
Keuntungan
  • Bagi yang tidak bisa nyetir bisa jadi pilihan ketimbang rental mobil dan sopir jatuhnya lebih mahal
  • Lebih aman dan bebas kesasar di jalan daripada pergi sendiri. Sesuai untuk lansia dan anak-anak
  • Bisa berkenalan dengan peserta tur lainnya (Bule/Jepang/Korea)
Kerugian
  • Tidak bebas karena waktu diatur secara ketat oleh pelaksana tur. Belum puas dengan satu tempat wisata kita sudah diminta kembali ke mobil untuk melanjutkan tur.
  • Karena alasan cuaca (hujan/kabut) dan acara agama ada beberapa bagian tur/tempat wisata yang ditiadakan.
  • Tempat yang dituju tidak sesuai dengan keinginan peserta tur
Tips memilih tur
Ada beberapa tips bagaimana memilih agen tur sehingga tur yang ada itu sesuai dengan keinginan dan tarifnya pas (competitif).
  1. mengikuti tur. Cek dapat melalui internet, telefon, recepsionist hotel atau bertanya langsung.
  2. Tanyakan tempat wisata mana saja yang dikunjungi atau pertunjukan (Barong/kecak/Ngaben) apakah sesuai dengan keinginan anda. Berapa tempat saja yang dikunjungi per hari.
  3. Tanyakan apakah tarif yang ditawarkan sudah termasuk lunch/snack, tiket masuk tempat wisata dan asuransi. Bila ada 2 tur dengan tujuan yang sama namun tarifnya berbeda mungkin tur yang lebih murah tidak termasuk lunch dan tiket masuk tempat wisata. Ini untuk menghindari kekecewaan selama mengikuti tur kalau kita bad mood tidak akan bisa menikmati tur.
  4. Bandingkan dengan beberapa tur yang sejenis sehingga kita dapat memilih tur terbaik dan termurah.
  5. Jumlah peserta tur dan kapasitas & fasilitas AC kendaraan yang di pakai, L300, kijang atau minivan yang lain dan tahun pembuatan. Pastikan anda tidak berdesakan/kepanasan atau mobilnya rusak di jalan sehingga waktu tur terbuang.
  6. Tidak ada salahnya tanyakan pendapat receptionist hotel anda menginap. Biasanya mereka mempunya paket khusus/discount khusus tamu hotel.
  7. Tentukan beberapa hari anda mengikuti tur mungkin anda dapat discount untuk tur beberapa hari
Tempat-tempat yang dikunjungi
Ubud-Tampak Siring-Kintamani (8 jam)
Dijemput di hotel jam 8.30 pagi, ke Batu Bulan untuk melihat pertunjukan Tari Barong & Tari Keris dilanjutkan ke pusat kerajinan Emas/Perak dan lukisan di Celuk-Ubud. Dilanjutkan berkunjung ke Goa Gajah di Bedulu. Berfoto ria di Kintamani, Gunung Batur (Volcano) dan Danau Batur. Pada arah pulang mengunjungi Pura Tirta Empul di samping Istana Tampak Siring, dan perjalanan diakhiri dengan melihat kerajinan batik dan kain. Tarif berkisar Rp 150-250 ribu




Sangeh (Monkey Forest)-Bedugul- Sunset at Tanah Lot (8 jam)
Dijemput di hotel jam 9.00. Tujuan pertama ke Pura Taman Ayun di Mengwi Istana peninggalan Kerajaan Mengwi dan Monkey Forest Sangeh menyaksikan kelucuan saudara-saudara kita (monyet). Kemudian naik ke dataran tinggi Bedugul ke Danau Beratan Pura Ulun Danu yang terkenal (ada di uang 50 ribu). Ke arah pulang mengunjungi Alas Kedaton dan menikmati indahnya sunset di Tanah Lot. Tarif berkisar Rp 150-250 ribu.
Kintamani – Besakih – Kerthagosa (9 jam)
Dijemput di hotel jam 9.00. Tur dimulai dengan kunjungan ke tempat kerajinan perak & emas di Celuk dan lukisan di Ubud. Kemudian Goa Gajah di Bedulu dilanjutkan dengan lunch di Kintamani dan Danau Batur. Di jalan pulang mengunjungi Pura Besakih di dataran tinggi Gunung Agung. Tujuan terakhir adalah Kerthagosa gedung pengadilan kuno peninggalan Kerajaan Bali di Klungkung. Tarif Rp 200-350 ribu
Singaraja – Pantai Lovina (9 jam)
Dijemput dihotel jam 8.30. Dimulai dengan mengunjungi Pura Taman Ayun yang dibangun Tahun 1634 di Mengwi, diteruskan ke Danau Beratan Bedugul dan Air terjun Gitgit. Kemudian ke arah utara ke Singaraja dan Pantai Lovina. Tarif Rp 250-350 ribu.
Desa adat Tohpati – Pura Besakih – Kelungkung ( 9 jam)
Dijemput di hotel jam 9.00. Mengunjungi Desa adat Bali Tohpati melihat kerajinan batik
dilanjutkan ke Pura Bukit Jati. Menikmati panorama dari dataran tinggi di Desa Penglipuran. Makan siang di Bukit Jambul diteruskan dengan kunjungi ke Pura Besakih (mother’s of temples) menikmati udara segar Gunung Agung. Tempat terakhir yang dikunjungi adalah peninggalan gedung pengadilan kuno Kerthagosa di Klungkung. Tarif berkisar Rp 200-300 ribu.
Tari Kecak, Fire Dance dan Dinner di Jimbaran ( 4 jam malam hari)
Di jemput dihotel jam 17.00. Menyaksikan Tari Kecak dan Fire dance di Kuta/Denpasar dilanjutkan dinner di tepi Pantai Jimbaran. Tarif Rp 150- 250 ribu.




Pantai Kuta- Ulu watu – Dinner di Jimbaran (6 jam sore-malam hari)
Dijemput di hotel jam 14.00. Berenang atau hanya duduk di putihnya pasir Pantai Kuta. Dilanjutkan ke Pura Ulu watu di ujung selatan Pulau Bali (ada monyetnya). Tur diakhiri dengan dinner seafood di Pantai Jimbaran. Tarif Rp 150-250 ribu




Kerthagosa – Gowa Lawa – Candi Dasa (9 jam)
Dijemput dihotel jam 9.00, bertolak ke Gianyar pusat kerajinan kain di Bali, dilanjutkan dengan Kerthagosa peninggalan gedung pengadilan kuta Kerajaan Bali. Goa Lawah (Goa Kelelawar. Makan siang di Candi Dasa dan pada perjalanan pulang mengunjungi batu-batu kuno prasejarah di Tenganan. Tarif Rp.220-300 ribu
Cruise ke Pulau Nusa Lembongan (7 jam)
Dijemput di hotel jam 9.00, menuju pelabuhan Tj Benoa dan sebuah boat membawa anda ke Pulau Nusa Lembongan. Disini anda dapat merasakan petualangan air seperti Canoeing, Snorkling, Water Slide, Banana boat, dan ruang bawah laut untuk melihat keindahan terumbuh karang termasuk buffet lunch. Tarif berkisar Rp. 600-750 ribu.



Daftar Tour Agent
Ada beberapa referensi agen tur yang menawarkan daily tur. Saya tidak bermaksud untuk promosi karena saya juga tidak mendapat komisi dari mereka. Agen-agen dibawah
ini bukan satu-satunya di Bali, banyak sekali agen yang menawarkan paket yang sama. Ketika anda tiba di Bali dapat menggali informasi dari Tourist Information dan Hotel bandingkan dengan agen-agen dibawah sehingga anda dapat memilih yang terbaik sehingga tidak merasa tertipu.
Adventure Indonesia
Ruko Wana Segara No. 17 Kuta Bali
Phone 0361 766851, 7447814
Email : advindobali@cbn.net.id
http://www.baliindonesiatours.com/tour_daily.htm
SANTA BALI TOURS & TRAVEL
Jl. Bay Pass I Gusti Ngurah Rai No. 70 D
Sanur – Denpasar – Bali – Indonesia
Tel: (62-361) 286 826 * Fax: (62-361) 286 825
Email: sedanartha@denpasar.wasantara.net.id
http://www.indo.com/travel_agents/santa/daily.html
Bali Travel Plan
Jl. Paku sari IV/7 Denpasar, Bali
Phone : 0361 8555588, 8506060
Email: info@balihotelplan.com
Bali Bagus Tours
Jl. P Batanta Gg. V No. 1 Denpasar – Bali
Phone : 0361 7802419, 8422074, 0812 3982375
Email : balibagustur@yahoo.co.id
TRIO BALI INTERNATIONAL TOUR LTD.
Jl. Hayam Wuruk 9, P.O. Box 3131, Denpasar – Bali – Indonesia
Phone: (62-361) 226830 * Fax: (62-361) 234120
Email: triobali@denpasar.wasantara.net.id http://www.indo.com/travel_agents/trio_bali/daily.html
KRISTAL HOLIDAYS
Jln. Raya Sesetan No. 294 C Denpasar
Phone 0361 7400800, 7424900, 0812 3692775, Fax 0361 255520
Email : balibestdeal@yahoo.co.id
Semoga semua informasi berguna untuk anda yang berencana berlibur ke Bali. Saya sangat senang bisa banyak turis domestik yang datang, sehingga kita bisa merasa Bali
adalah milik kita bukan milik para bule.

Selamat berlibur :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar