Senin, 22 November 2010

Penginapan Murah Penginapan Murah di Kuta Bali & Tips perjalanan


Bila anda lelaki yang “Super PD” anda dapat “berkencan” dengan gadis-gadis bule nya. Biasanya cewek-cewek bule datang ke Bali sendirian dan mengharapkan bertemu dengan cowok local. “I dunno why, most of them like dark skin though”!
Mengingat banyak sekali pertanyaan tentang penginapan murah meriah di Bali khususnya di daerah Legian Kuta, itinerary, dan tempat-tempat yang menarik yang dapat dikunjungi di Bali. Saya menulis kembali dan menggabungkan beberapa jawaban saya dari pertanyaan dari blog saya sebelumnya tentang Tips Tiba di Bali pada malam hari
Penginapan Murah
Bila gaya perjalanan anda sebagai backpacker/budger traveller, maka penginapan ini sangatlah cocok. Selain memang tujuannya menekan biaya perjalanan serendah-rendahnya juga ada pertimbangan kenapa harus tinggal di hotel mewah nan mahal karena sebagian besar waktu kita ada di luar hotel (jalan-jalan maksudnya)
Tempat terkenal dimana komunitas backpacker menginap adalah di Jalan Poppies Lane II, banyak sekali penginapan murah dengan tarif 40-60 ribu per malam.
1. Cempaka II (Bersih & privasi) : 0361 757750 dengan Kadek
2. Ronta Bungalow (Bersih) Gg. Ronta 0361 754246. 50 m dari monumen Bom Bali I
3. Losman Arthawan ( 0361 752913 ) – Poppies Lane II
4. Dua Dara, Poppies Lane II.
5. Segara Sadhu Inn. 0361) 759909, Jl. Poppies II Gang 1 # 3A
6. Jus Edith Bungalows 0361) 750558, Gang Ronta, Poppies Lane II
7. Gora Beach Inn – Poppies Lane 2, Banjar Pengabetan (0361 – 752578)
8. Yunna Cottage – Jl. Pantai Kuta Gg Poppies 2 (0361 – 753015)
9. Tunjung Bali Inn – Poppies Lane 2 (0361 – 762990)
10. Palm Gardens Taman Nyiur – Poppies Lane 2 (0361 – 752198)
11. Okie House – Poppies Lane 2 ( 0361- 752081)
12. Mahendra – Poppies 1 Banjar Pengabetan (0361 – 752371)
13. Puri Agung – Poppies 1 (0361 – 750054)
14. Bungalows Taman Ayu – Poppies 1 (0361 – 751855)
15. Komala Indah – Poppies 1 No. 20 (0361 – 751422)
Penginapan diatas biasanya mempunyai fasilitas 2 tempat tidur, kamar mandi di dalam, kipas angin, dan Light breakfast di pagi hari. Lama penginapan dapat harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mingguan dan bulanan dapat meminta diskon kepada petugas penginapan, discount bisa sampai 20 % untuk 1 bulan. Selain itu di poppies lane II ini banyak sekali bule-bule berseliweran (mostly Australian). Untuk pelajar/mahasiswa yang lagi “mengasah” Bahasa Inggris nya tempat ini adalah tempat favorite. Dengan modal “PD” dan senyum anda dapat melatih Inggris anda dengan mereka. Jarang-jarang kita punya tetangga bule khan?. Atau bila anda lelaki yang “Super PD” anda dapat “berkencan” dengan gadis-gadis bule nya. Biasanya cewek-cewek bule datang ke Bali sendirian dan mengharapkan bertemu dengan cowok local. “I dunno why, most of them like dark skin though”!
Penginapan Middle-up
Untuk anda yang membawa keluarga dan anak-anak atau anda yang menginginkan tempat yang agak “mewah’ saya ada daftar hotel menengah ke atas yang dapat dijadikan referensi:
Hotel-hotel dibawah ini biasanya mempunyai fasilitas lengkap: kamar ber-AC, hot shower, kolam renang, breakfast, tempat parkir, dll
Hotel Barong (0361 751804 )
Jl. Segara Batu Bolong, Poppies Lane II
Dari Jl Pantai Kuta masuk Poppies Lane II, hotel ini terlihat megah dibandingkan dengan gedung lain sekitar 100 m dari Pantai Kuta
200-300 rb/malam
Indah Beach (0361) 753327
8 Poppies Lane II
200-350,000 rb/malam
Bali Sandy Cottages
Jl. Poppies II Gang 1
300-350 rb/malam
Hotel Restu Bali Kuta, Bali, Indonesia
Jl. Raya Legian Kuta, dekat Monumen Bom Bali, Parking Luas
Standard Room 350-400 ribu
Satriya Cottages (0361) 758331
Poppies Lane II
350-400 rb/malam
Fourteen Roses Hotel (0361) 752078
Jl Legian No. 153, dekat monumen Bom Bali, Parking luas
Standard Room 250-300 rb/malam

Rental Kendaraan
Bila anda berlibur berdua sepeda motor adalah pilihan yang tepat untuk menghemat biaya perjalanan anda. Terdapat penyewaan motor di sepanjang Jalan Legian pas di Monumen Bom Bali I, ke hilir ke Arah Seminyak atau ke hulu ke arah Kartika Plaza. Sepanjang jalan ini banyak sekali motor yang diparkir untuk disewakan.
Harga berkisar antara 30-40 ribu untuk motor Supra fit, Nouvo, Mio (Bebek), dan 60 ribu untuk Tiger. Waktu sewa adalah 1 hari dari jam 7 pagi s.d 8 malam, tetapi kalau kita sewa 2-3 hari bisa lebih murah (bargain ama si abang pasti) & motor dikembalikan pada malam hari waktu sewa terakhir. Penyewa hanya meninggalkan KTP sebagai agunan rental. Kita akan dikasih 1 lembar kwitansi bukti pembayaran dan 1 kartu pengganti STNK, Polda Bali mengeluarkan kartu khusus pengganti STNK asli untuk motor sewaan. Bila perjalanan anda tidak terlalu jauh hanya sekitar Kuta,Jimbaran, Sanur bisa pakai motor bebek tetapi bila tujuan kita ke Kintamani, Ubud, Sange, Singaraja saya sarankan untuk sewa motor Tiger saja biar cepat dan bertenaga sekaligus merasakan petualangan yang tidak ada duanya. Orang Jepang di Iklan Master Card aja sewa motor untuk jalan-jalan di Bali.
Tapi bila anda berlibur 3-4 orang saya sarankan untuk sewa mobil saja, dengan tarif 150 rb (Katana/jimny) & 200 rb untuk Kijang/Taruna/Panther. Bila anda membutuhkan sopir bisa tambah Rp. 100 ribu jadi anda tidak perlu report karena sopir ini juga bisa sebagai guide. Biasanya kita ditawarkan untuk membayar asuransi 80 ribu tetapi ini tidak jadi keharusan. Tarif di atas fixed dan tidak jauh berbeda dari rental satu ke rental lain. Tapi tidak salah bila harus tanya dulu ke 2-3 rental sebagai bahan perbandingan. Rental mobil dapat ditemukan di konter-konter parawisata di sepanjang jalan legian, pantai kuta dan poppies lane.
Rental mobil
Agus Merta Rental
up. I Ketut Suana
0361-767387, 760142, 0812 364 7485, 0812 385 5196
agusmerta@telkom.net
Jl. Ciungwanara No. 7 belakang Matahari Kuta Square, Kuta.
Tetapi bila anda tidak mau repot menyewa mobil+driver saya sarankan ikut tur 1 hari Daily Tour saja ke tempat-tempat menarik di Bali dengan tarif antara 200-300 rb/orang dengan minimal 3 tempat/hari + lunch & snack. Informasi tur harian ini dapat didapat di counter Tourist Information yang banyak terdapat di Jl. Poppies Lane II, Jl Legian & Jl. Pantai Kuta. Untuk semua informasi Tur & Rental mobil juga dapat ditanyakan di hotel dimana anda menginap.

Makanan
Di Jl Poppies Lane, Pantai Kuta, & Legian banyak sekali restoran tetapi kebanyakan menawarkan menu barat (Burger, Spagheti, grill dsb) tapi ada juga restorant yang menawarkan menu Indonesia seperti di Restoran Indonesia dan Restoran Padang di Jalan Ronta. Mc Donnald ada 3 yaitu di Jalan Legian, Kuta Square samping Matahari, dan Jalan Pantai Kuta pas menghadap ke Pantai Kuta tempat yang pas buat nongkrong. KFC ada 2 yaitu pertama di Kuta Square di pertemuan Jalan Kartika Plaza & Jalan Pantai Kuta dan di Mall Centro di Kartika Plaza. Untuk anda yang merindukan makanan Indonesia dapat ditemukan di Jalan Raya Tuban. dari Legian balik ke Kartika Plaza menuju ke Airport Ngurah Ray ( melewati Joger). Di sini ada soto betawi, soto jawa, masakan chiness, yang terkenal adalah Ibu Tinuk (Sop buntut jawa timuran)
Tempat-tempat menarik
Sangat banyak tempat-tempat yang dapat dikunjungi di Bali, satu bulan di Bali pun tidak cukup untuk mengeksplor Pulau Dewata nan cantik ini.
Saya bagi tempat-tempat ini berdasarkan searah jalannya sehingga dapat anda menyusun jadwal per hari

Sekitar Kuta
Pantai Kuta
Pantai yang sangat terkenal sampai ada lagunya oleh Andre Hehanusa dan Ebiet G Ade. Tidak lengkap rasanya bila anda datang ke Bali tetapi tidak berkunjung ke pantai ini. Kenapa saya sarankan untuk menjadikan Poppies Lane II sebagai “Base Camp” selain hanya 8 km dari airport, kawasan ini sangat dekat dengan Pantai Kuta sekitar 200 m (just 5 minute walk), jadi bila anda menginap di sini anda hanya bawah pakaian renang dan handuk dari hotel terus berenang ke pantai.
Bagi anda ingin berselancar atau baru mau belajar disinilah tempatnya. Bule-bule dari Eropa aja bela-belain dapang ke Pantai Kuta buat surfing.
Untuk anda yang sedang tunangan atau pacaran tempat ini adalah tempat yang sangat romantis untuk “mengikat janji” seiring dengan matahari yang perlahan-lahan terbenam… oh.. so romantic..!
Kadang walau kita berkunjung ketempat lain, jam 4 sore bela-belain cepat-cepat balik ke Kuta agar bisa melihat sunset.
Bali Water Boom
Water boom yang terbagus saya rasa di Indonesia, water boom di Ancol kalah tinggi, bersih, asri, dan aman. Disini ada tempat berenang, berjemur, perosotan (water sliding), atau menantang nyali di perosotan setinggi 30 m. Plus bisa melototi ABG bule dan lokal seksi pake bikini.. jarang-jarang khan.. ada di Jakarta. Tempat ini terletak di Jalan Kartika Plaza sekitar 2 km dari Legian 10 menit dari Poppies.
Legian
Sepanjang jalan ini dipenuhi oleh toko-toko yang menjual souvenir dan bertebaran cafe & restoran yang menyediakan suasana yang meriah di malam hari. Kurang lengkap kiranya bila anda tidak berphoto ria di Monumen Bom Bali I di Jalan ini.
Poppies Lane
Poppies Lane terbagi 2 jalan, Poppies Lane I & II, kedua jalan ini menghubungkan Jalan Pantai Kuta dan Legian yang satu arah. Di 2 jalan ini dapat ditemukan banyak sekali penginapan bungalow/losmen yang murah dan terjangkau untuk budget traveller. Juga toko-toko yang menjual baju dan souvenir khas Bali.
Kuta Square – Kartika Plaza
Kuta Square adalah pusat belanja barang-barang import seperti Quick Silver, Billabong, Okley, Surver Girl dll. Terus ke arah airport di kanan kiri Jalan Kartika Plaza terdapat banyak restorant dan hotel mewah yang terkenal adalah Kuta Centro dan Musro

Kearah Barat Laut
Seminyak
Just 3 km dari Legian ke arah barat laut. Bagi anda yang suka dugem di kawasan ini seiring dengan matahari tenggelam banyak sekali tempat dugem dan cafe yang menawarkan indahnya kehidupan malam.








Tanah Lot
Dari Legian-Seminyak-Kerobokan- terus ke arah utara. Tempat yang jadi icon Bali dimana ada Pura yang dibangun di atas batu karang di tengah laut. Dari Bahasa Bali Tanah Lot berarti Tanah yang menyembul dari air.

 

Taman Ayun
Pura Taman Ayun terletak di Mengwi Pura ini adalah kompleks istana bekas kerajaan Mengwi yang berusia ratusan tahun.











Ke arah Barat Daya & Selatan
Pantai Jimbaran
Dari Kuta ambil Jalan Raya Tuban ke arah Bandara, pertigaan bandara belok kiri kemudian ketemu pertigaan Jalan Alteri Ngurah Ray, ambil kanan terus sampai ketemu pertigaan pertama belok kanan ke Jalan Uluwatu. Pantai ini sebenarnya terusan Pantai Kuta ke arah selatan hanya dipisahkan oleh Bandara Ngurah Ray. Pantai ini less crowded ketimbang Pantai Kuta, dan anda dapat menghabiskan sore hari disini sambil melihat sunset dan pesawat yang perlahan-lahan landing di Airport Ngurah Ray. Untuk ada yang doyan seafood dapat ditemui disini diberapa restorant di sepanjang pantai ini. Yang sangat terkenal adalah Ayam/Ikan Bakar Jimbaran. Di salah satu restorant ini dimana Bom Bali II terjadi.
Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park
Dari Jimbaran anda telusuri terus Jalan Uluwatu kira 10 km dari Jimbaran akan bertemu suatu kompleks biasanya digunakan untuk konser dimana dibangun patung wisnu dan garuda. Untuk masuk ke kompleks ini dikenai biaya masuk sebesar 10 rb per orang dan 5 rb untuk mobil. Luas kompleks ini lebih dari 200 ha terletak di atas bukit dimana kita dapat melihat pantai Jimbaran, Kuta, dan Tanjung Benoa dari atas bukit. Juga batu-batu cadas yang dipotong menjadi dinding-dinding megah yang pasti bagus untuk dijadikan background photo. 
Pantai Dreamland
Sekitar 3 km dari GWK anda terus ke arah selatan. Pantai Dreamland atau New Kuta Beach terletak di kawasan Pecatu Indah Resort yang tengah dalam pembangunan. Dari Jalan Raya Uluwatu anda terus masuk ke kawasan sekitar 4 km akan sampai ke Pantai Dreamland. Kendaran dapat diparkir di tempat parkiran sekitar 200 m dari pantai dan anda meneruskan dengan jalan kaki menuruni tebing yang cukup curam. Mungkin dalam 1 tahun mendatang akan dibuat jalan akses langsung ke pantai. Di pantai ini terdapat bungalow sederhana dan sebuah pantai yang lebih eksotik dan tersembunyi dengan pasir putih dan ombak yang bagus untuk surfing. Biasanya bule-bule pada lebih berani disini dengan berbikini lebih terbuka. Jadi bagi yang baru saja akhir baligh dapat menghabiskan hari disini.
Ulu Watu
Sebuah pura di ujung selatan Bali yang dibangun di atas batu karang yang menghadap Samudera Indonesia. Banyak monyet-monyet jinak yang “berdomisi” di pura ini. Hati-hati kacamata, topi, kerudung yang biasanya menjadi “incaran’ si monyet nakal. Anehnya si monyet akan mengembalikan barang-barang anda ini setelah anda memberikan semacam “tebusan” ke juru kunci pura sejumlah uang (Rp 1000-5000) kemudian si juru kunci memberikan tebusan sebuah pisang yang sudah dimanterai, memang manteranya manjur atau ada konsfirasi antara si monyet dan si empuh, dengan suka rela si monyet akan mengembalikan barang anda.
Ke arah Tenggara
Nusa Dua
Kawasan hotel-hotel mewah tidak banyak dapat kita lakukan disini kecuali anda menginap di hotel. Biasanya setiap hotel mempunyai private beach sendiri.
Tanjung Benoa (Water Sport)
Tidak jauh dari Nusa Dua, anda dapat mencoba nyali untuk ber-water sport seperti Parasailing, banana boats, Jetsky, snorkling, dan diving.
Agar jangan di getok saya ada referensi tarif sewa dari permainan di atas:
Parasailing : Rp 75.000 10 menit/orang/ride (untuk beberapa orang/rombongan anda dapat meminta diskon)
Jet Sky : Rp 150 ribu (30 menit/ride)
Banana Boat : Rp 100 ribu (15 menit/ride/orang)
Snorkling : Rp 75 ribu /orang/2 jam di Tanjung Benoa
Flying Fish : Rp 120 ribu /15 menit/3 orang
Diving Rp 300.000 /orang/ 2 jam (tarif dapat lebih tinggi bergantung dengan lokasi yaitu di Tanjung Benoa atau di Nusa lembongan satu pulau di dekat Nusa penida)
Pantai Sanur
Bila anda ingin menyaksikan sunrise ini adalah tempat yang tepat. Kalau Pantai Kuta menghadap ke barat, Pantai Sanur menghadap ke Timur. Banyak hotel dan bungalow mewah disini, kebanyakan turis adalah orang tua yang bernostalgia, kayaknya tidak cocok buat anak muda.




Ke arah Timur Laut
Celuk
Pusat kerajinan Perak dan Emas, biasanya sebelum ke Ubud, wisatawan mampir dulu ke Celuk 




Sukowati
Searah ke Ubud, pusat kerajinan Bali. Bila anda yang ingin membeli souvenir dalam jumlah besar untuk dijual kembali dapat membeli di tempat ini.
Ubud
Sekitar 60 km ke arah utara Kuta dimana ada dapat menemukan ketenangan dan nuasa pedesaan Bali yang sebenarnya. Ada dapat mengujungi Museum Antonio Blanco di sini dan banyak lagi seniman lain.
Tampak Siring & Tirta Empul
Ke arah utara Ubud, Istana Presiden peninggalan Bung Karno Tampak Siring walau kita tidak bisa masuk ke dalamnya kecuali anda adalah tamu Negara. Di sebelah Istana ini ada Pura Tirta Empul dimana ada beberapa pancuran air yang dipercayai mempunyai khasiat menyembuhkan. Percaya nggak percaya, waktu saya membasuh muka di salah satu pancuran kemudian saya mimisan, saya terkejut mungkin sudah 10 tahun saya tidak mimisan, lalu salah satu juri kunci disana mengatakan bahwa ada penyakit atau semacam teluh yang telah dikeluarkan dari tubuh saya..???? Sebagai seorang muslim bila saya mempercayai hal ini dapat berpotensi sebagai perbuatan musyrik. Tapi Wallahualam, semuanya itu kehendakan Allah SWT.
Kintamani, Gunung Batur, Danau Batur, dan Truyan
Dari Tampak Siring terus menuju ke Utara ke arah Singaraja anda akan melewati Kintamani sebuah dataran tinggi dengan pemandangan yang indah Gunung Batur yang masih aktif di sebelah kiri dan Danau Batur di sebelah kanan. Jika anda seorang yang penuh energi dan jiwa petualang dapat tracking mendaki ke Gunung Batur menyaksikan kawah gunung berapa yang masih aktif. Anda dapat turun ke bawah untuk melihat aliran lahar yang telah mendingin dari letusan gunung berapi ini sekitar 50 tahun yang lalu, kemudian anda dapat merasakan dinginnya air Danau Batur. Bila anda cukup waktu dapat menyeberangi danau ini ke suatu tempat yang bernama Truyan. Desa ini seperti di Toraja dimana mayat orang meninggal tidak dikubur melainkan hanya di letakan di atas tanah. Saya belum pernah ke sana namun dilain kesempatan pasti menjadi agenda saya pertama untuk berkunjung ke Truyan.
Ke arah Barat laut
Sangeh
Sama dengan Ulu watu, sini juga banyak saudara tua alias monyet yang jinak. Disarankan untuk datang ke Sangeh pagi hari karena lumayan banyak turis, kalau sore agak “seram” karena hutan nya udah mulai gelap dan gk enak jadi tontonan para monyet :) 





Bedugul
Danau Beratan & Pura Ulun Danu
Jangan sampai tidak berfoto di depan Pura Ulun Danu dan Danau Bratan, karena pura dan danau ini terlukis di uang Rupiah pecahan 50 ribu. Anda dapat berperahu dan parasailing di danau ini.
Kebun Raya Bedugul
Sebuah kebun raya meski tidak seluas kebun raya Bogor, namun anda dapat menghabiskan waktu dan menghirup udara segar disini. Anda juga dapat mencoba petualangan “out bound” di sini.
Singaraja-Pantai Lovina
Terletak di pesisir utara Pulau Bali. Anda bisa mengunjungi Istana peninggalan Kerajaan Buleleng dan melihat lumba-lumba di Pantai Lovina.
Itenerary
Berikut beberapa jalur yang dibagi berdasarkan kedekatan dan arah yang sama, sehingga liburan teman-teman dapat diatur sepadat mungkin. Namun ini tidak mengikat dapat ditambah dan dikurangi
Hari-1
Kuta-Celuk (Kerajinan perak)-Sukowati-Ubud-Istana Tampak Siring-Pura Tirta Empul-Kintamani-Danau Batur-Gunung-Batur-Truyan (bila sempat)-Kuta
Hari-2
Kuta-Nusa Dua-Tj Benoa (water sport)-Nusa Lembongan (sea walker)-Jimbaran (sunset+dinner)-Kuta
Hari-3
Kuta-Sanur (go early 5 am to see sunset)-Jimbaran-GWK-Dream land-Uluwatu-Kuta (sunset)
Hari-4
Kuta-Taman Ayun (Mengwi)- Sangeh-Bedugul (pura ulun danu & Kebun Raya Bedugul)-Tanah Lot (sunset)-Kuta
Hari-5
Kuta-Kerthagosa (Klungkung)-Pura Besakih (Gunung Agung)-Tulamben (diving)-Kuta
Hari-6
Kuta-Pantai Kuta-Seminyak-Bungee Jumping-Waterboom (Kartika Plaza)-Shoping Toko Erlangga (Denpasar), shoping di Kuta Square-oleh2 Joger, santai di Poppies & Monumen Bom Bali
Hari-7
Kuta-Tabanan-Bedugul-Singaraja (Peninggalan Pusat Kerajaan Buleleng)-Pantai Lovina-Tanah Lot (Sunset)-Kuta
Dan lain-lain
Banyak sekali tempat menarik lainnya di Bali, yang menunggu anda untuk lebih lengkap dapat klik di sini
Oleh-oleh
Suvenir dapat dibeli di Poppies Lane I dan II, Legian, banyak sekali barang yang dijual sebagai suvenir semisal kain, baju oblong, ukir-ukiran, tas, dll. Namun bila anda ingin membeli dalam jumlah besar untuk di jual lagi anda dapat pergi ke Sukawati ke arah Barat laut Kuta. Untuk kerajinan emas & perak dapat ditemukan di Celuk searah ke Sukowati-Ubud.
Baju Joger, dapat dibeli di Pabrik Kata-Kata Joger di Jalan Raya Tuban tanpa nomor (Kuta Bali), lp 753059 hotline 752523 +/- 3.499,99 meter sebelah utara International Airport Ngurah Rai (Klu gak percaya ukur sendiri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar