Minggu, 21 November 2010

Iran dan Nuklirnya bikin ketar-ketir



Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad hari Minggu pekan lalu memerintahkan atomic agency nya untuk melakukan uranium enrichment. Dia merestui pengadaan highly enriched uranium (sampai 20% concentration of 235U) demi keperluan research reactor untuk memproduksi radio isotopes yang sangat diperlukan untuk pengobatan kanker (Good on you Mahmo).

Iran sampai saat ini melakukan uranium enrichment sampai 3.5% yang diperuntukkan demi memenuhi kebutuhan electricity, tapi 20% enrichment ini memberikan peluang untuk pengadaan materi buat bikin nuclear bomb, hah ha. Bila enrichment mencapai 85-90% maka itu adalah nuclear weapon grade.

Mahmoud juga mengatakan bahwa Iran sudah mempunyai laser technology untuk uranium enrichment, tapi sampai saat ini belum bermaksud menggunakan technology tsb untuk keperluan enrichment.

Tentu saja hal ini bikin pihak barat khususnya US, konco Eropa nya serta Israel keki bukan main. Terutama Israel yang pasti ketar ketir karena kalau Iran sampai punya nuclear bomb pasti akan sampai ke Israel jatuhnya (imagining the worst case scenario).

US beserta bala-kurawa nya mendesak dikenakannya sangsi lebih lanjut terhadapa Iran. Tapi Russia dan terutama China skeptic dengan pemberian sangsi tsb, maka US dan bala-kurawa nya harus sangat hati hati dalam berurusan dengan Iran yang pantang mundur ini (Go Mahmo Go, Gooooo Mahmo!).

Robert Gates mengatakan:” bila masyarakat international bersatu dalam melakukan tekan terhadap Iran, saya yakin pasti ada cukup waktu sehingga sangsi tsb mempan".

Gates tidak menjelaskan secara specific apa sangsi tsb waktu didesak wartawan tapi menjelaskan bahwa intinya adalah memberikan tekanan thd pemerintah di Teheran, dan tidak untuk merugikan (melukai) rakyat Iran.

“Dunia telah mulai memandang Iran sebagaimana kita (US) memandang Iran” kata Hillary Rodham Clinton penuh percaya.

Ah gak juga….Russia tuh baik baik sama Iran
Kenapa repot mencegah Iran agar tak punya nuclear technology, sedangkan US tak berani bilang apapun pada Israel yang juga punya nuclear technology. Dan mana berani bilang sama China agar menghentikan nuclear program nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar