Sabtu, 27 November 2010

Makhluk Seram Ditemukan di Laut Antara RI-Filipina






Ilmuwan mengumumkan pada Rabu, penemuan makhluk hantu di bagian terdalam laut antara Indonesia dan Filipina. Squidworm dengan panjang 9,4 cm itu jauh lebih seram dari nama yang diusulkan.

Binatang ini berenang tegak, dan mengarungi laut dengan menggerakkan dua baris tubuh panjang tipis, tonjolan berbentuk dayung seperti kartu domino.

Sepuluh tongkat tentakel yang bisa lebih panjang dari tubuhnya keluar dari kepalanya, bersama dengan enam pasang organ nuchal melengkung yang memungkinkan squidworm ini merasakan dan membaui air.

Hewan ini ditemukan menggunakan kapal selam yang dioperasikan dari jarak jauh oleh trio ahli biologi laut dipimpin oleh Karen Osborn dari Scripps Institution of Oceanography di California. Hewan ini tidak diketahui sebelumnya ada di Laut Sulawesi pada kedalaman 2,8 kilometer.

"Saya sangat gembira," kata Osborn. "Sangat menggoda karena binatang itu sangat berbeda dari apa yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan tutup kepala fantastis."

Squidworms hidup sekitar 100 sampai 200 meter di atas dasar laut, lapisan kaya flora dan fauna, para ilmuwan mengatakan.

"Saya memperkirakan bahwa ketika menjelajahi kolom air yang dalam, lebih dari setengah hewan yang kita lihat adalah baru untuk ilmu pengetahuan," kata Osborn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar