Minggu, 10 Oktober 2010

SAR: Ditemukan Pendaki Tewas di Gunung Raung


Tim SAR menginformasikan seorang pendaki bernama Narwi asal Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang ditemukan tewas di Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut, Minggu.
Anggota Tim SAR Kabupaten Jember Stevanus mengatakan, tujuh orang pendaki asal Yogyakarta yang melakukan pendakian ke Gunung Raung melalui jalur selatan menemukan sesosok mayat di jalur pendakian.
"Kami mendapat informasi dari mereka, bahwa ada warga Jember yang meninggal di jalur pendakian Gunung Raung, tepatnya di pos tiga," katanya.
Menurut Stevanus, para pendaki asal Yogyakarta juga menemukan kartu tanda penduduk (KTP) korban dengan nama Narwi, warga Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember.
"Mereka juga menemukan sebuah tas ransel dan sandal gunung yang diduga milik korban, di sekitar jenazah korban," jelasnya.
Ia menduga, pendaki yang meninggal di jalur pendakian Gunung Raung karena kedinginan dan mengalami hipotermia.
"Kami belum mendapat informasi kapan korban meninggal karena pendaki asal Yogyakarta sudah menemukan dalam kondisi tidak bernyawa di jalur pendakian," katanya menambahkan.
Untuk itu, lanjut dia, anggota SAR bersama mahasiswa pecinta alam akan melakukan evakuasi terhadap jenazah Narwi dari jalur pendakian Gunung Raung yang terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi itu.
"Kami mencoba untuk membawa jenazah Narwi turun dari jalur pendakian, kemudian menyerahkan kepada aparat yang berwenang," katanya menambahkan.
Sejumlah anggota SAR Jember, lanjut dia, sudah menghubungi pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbanglinmas) Jember untuk menyampaikan persoalan tersebut.
"Tidak ada respon positif dari Bakesbanglinmas karena mereka mengaku sedang berada di luar kota dan tidak ada di kantor Bakesbanglinmas," kata Stevanus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar