Selasa, 08 Maret 2011

Cina Membuat Kota Terbesar Dunia

 
China berencana mengintegrasikan sembilan kota guna menciptakan kota metropolis terbesar dunia yang berpopulasi 42 juta jiwa. Wow!

Proyek ‘Turn The Pearl River Delta Into One’ itu akan meliputi wilayah perkotaan seluas 25.749 km persegi. Area itu akan manaungi sebagian besar pusat utama industri China seperti Guangzhou, Shenzhen, Foshan, Dongguan, Zhongshan, Zhuhai, Jiangmenm, Huizhou dan Zhaoqing.
Sembilan kota ini menyumbang 10% perekonomian negara. Sekitar 150 transportasi utama, energi, air dan jaringan telekomunikasi akan bergabung enam tahun ke depan.
“Idenya, ketika kota-kota terintegrasi warga dapat bepergian di sekitarnya dengan bebas,” kata perencana utama Guangdong Rural and Urban Planning Institute, Ma Xiangming.
Polusi Pearl River Delta menjadi isu kunci industrialisasi yang akan ditangani melalui kebijakan bersatu. Harga bensin dan listrik akan dibakukan pula.
British Chamber of Commerce meramalkan US$ 1,08 triliun (Rp9 kuantiliun) akan disuntikkan ke dalam pengembangan perkotaan selama lima tahun ke depan itu.
Hal tersebut bersamaan dengan US$ 473 juta (Rp 4,2 triliun) suntikan untuk rel kereta api peluru dan US$ 110 juta (Rp 991 miliar) untuk transportasi kota tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar